Visi Sekolah
”Membentuk karakter peserta didik yang aktif, kreatif, peduli
lingkungan dan cinta tanah air yang didasari IMTAQ”.
Indikator
Visi :
1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan aktual;
2. Terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, efektif,
kreatif, inspiratif dan menyenangkan;
3. Terwujudnya lulusan
yang cerdas,kompetitif, dan berkarakter;
4. Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir;
5. Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh;
6. Terwujudnya perangkat penilaian prestasi akademik dan non-akademik yang otentik
7. Terwujudnya program pembinaan kesiswaan yang dapat memenuhi kebutuhan siswa
8. Terwujudnya budaya kerja dan belajar
yang kondusif
9. Terwujudnya pengembangan pendidikan budaya dan karakter
10. Terwujudnya Sekolah yang peduli terhadap Perlindungan
dan Pelestarian Lingkungan
11. Terwujudnya Sekolah yang
peduli pada pencegahan terhadap
Pencemaran Lingkungan
1. Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan aktual.
a.
Menyusun perangkat kurikulum satuan pendidikan
yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan Lingkungan.
b.
Menyusun silabus semua mata pelajaran yang lengkap
c.
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang lengkap
d. Mengembangkan kurikulum muatan lokal
e. Mengembangkan
Kurikulum dengan memasukan isu-isu lokal dan global
2. Terwujudnya
proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
a.
Menyelenggarakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
b. Mengembangkan model,
pendekatan, dan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah
c. Mengembangkan Model
Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar sekolah
3. Terwujudnya lulusan yang cerdas, kompetitif dan berkarakter.
a.
Menyelenggarakan bimbingan belajar secara intensif
b.
Mengembangkan pendidikan budaya dan klarakter bangsa
c.
Mewujudkan sikap prilaku dan kepedulian terhadap
lingkungan
4. Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
a. Mewujudkan
fasilitas
sekolah
yang relevan, mutakhir dan berwawasan lingkungan.
b. Mewujudkan
pengembangan
media pembelajaran
c. Mewujudkan
pengembangan
sarana
pendidikan
d. Mewujudkan pengembangan
prasarana
pendidikan
5. Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh
a.
Mewujudkan pengembangan administrasi sekolah
b.
Menyusun program supervise secara berkelanjutan
6. Terwujudnya perangkat penilaian prestasi akademik dan non-akademik yang otentik
a. Menyusun rencana penilaian pembelajaran
yang otentik
b. Melaksanakan penilaian pembelajaran yang otentik
c. Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang akurat
7. Terwujudnya program pembinaan kesiswaan yang dapat memenuhi kebutuhan siswa
a.
Menyelenggarakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
b.
Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler
8. Terwujudnya budaya kerja
dan
belajar
serta
lingkungan
sekolah
yang kondusif
a. Menyediakan perpustakaan yang lengkap
b. Melaksanakan perindangan sekolah
c. Melaksanakan budaya bersih
9. Terwujudanya program pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa
a. mengimplementasikan pendidikan budaya karakter bangsa
b. melaksanakan upacara bendera secara rutin
c. mengintegrasikan pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam mata pelajaran
10.Terwujudnya Sekolah yang peduli terhadap Perlindungan dan
Pelestarian Lingkungan
a. Memberikan perlindungan terhadap
tanaman dan satwa langka baik yang ada di
lingkungan sekolah dan sekitarnya
b. Menjaga dan mengembangkan keaneka
ragaman hayati
c. Mewujudkan lingkungan sekolah “ BERSERI
“ ( Bersih , sehat , lestasri )
d. Melaksanakan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan
e. Ikut bersama masyarakat dalam rangka
kegiatan pelestarian lingkungan
f. Mengembangkan inovasi kegiatan dalam
rangka perbaikan lingkungan
12. Terwujudnya Sekolah yang
peduli pada pencegahan terhadap
Pencemaran
Lingkungan
a.
Melakukan
pencegahan terhadap volusi yang terjadi di lingkungan sekolah dan
sekitarnya dengan cara tidak membakar
sampah sembarangan
b.
Melakukan
pencegahan terhadap kerusakan tanah dengan mengurangi penggunaan alat dan bahan yang berasal dari
plastik
D. Tujuan Sekolah
Dalam
kurun
waktu
5 (Lima) tahun kedepan tujuan yang akan dicapai
SDN
003 Nunukan antara lain :
1. Terwujudnya
pengembangan
kurikulum
yang adaptif dan proaktif
a. Menghasilkan
perangkat
kurikulum
satuan
pendidikan
yang lengkap, mutakhir dan berwawasan Lingkungan.
b.. Menghasilkan
pemetaan
SK, KD, Indikator, Aspek untuk kelas I – VI semua
mata
pelajaran
c.. Menghasilkan RPP untuk kelas I – VI semua
mata
pelajaran
d. Menghasilkan Kurikulum dengan memasukan
isu-isu lokal dan global
2. Terwujudnya proses
pembelajaran yang aktif, efektif, menantang, inspiratif, dan
menyenangkan
a. Meningkatkan
kualitas
proses pembelajaran
b. Menghasilkan
pembelajaran
yang inovatif dan bervariasi
c. Menghasilkan Model Pembelajaran yang
memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar sekolah
3. Terwujudnya
lulusan
yang cerdas,kompetitif, dan berkarakter
a. Meningkatkan
prestasi
akademik
siswa
dalam
perolehan
nilai
UN dan UAS
b. Menghasilkan
lulusan
yang berakhlak mulia, dan memiliki
kepribadian
yang baik
c.
Menghasilkan sikap prilaku dan kepedulian terhadap lingkungan
4. Terwujudnya
sarana
dan
prasarana
pendidikan
a. Meningkatkan
kualitas
sarana
dan
prasarana
sekolah
b. Meningkatkan
kualitas
pembelajaran
6. Terwujudnya
manajemen
sekolah
yang tangguh
a. Meningkatkan pengembangan administrasi
sekolah
b. Menghasilkan program supervise
secara
berkelanjutan
7. Terwujudnya
perangkat
penilaian
prestasi
akademik
dan
non akademik yang otentik
a. Menghasilkan
perangkat
penilaian
pembelajaran
yang otentik
b. Memperoleh data dan
informasi
tentang
kemajuan
akademik
siswa
yang valid dan otentik
c. Menghasilkan KKM yang sesuai dengan
kemampuan
siswa,
kompleksitas dan daya
dukung
8. Terwujudnya program pmembinaan
kesiswaan
yang dapat memenuhi kebutuhan
siswa
a. Membantu
peserta
didik
memecahkan
masalah
pribadi
dan
karir
b. Mengembangkan
kecakapan
hidup
vokasional
c. Mengembangkan
keterampilan
berpikir
kritis
dan
ilmiah
9. Terwujudnya
budaya
kerja
dan
belajar
serta
lingkungan
sekolah
yang kondusif
a.
Membangun budya
membaca
b.
Membangun kepedulian
lingkungan
c.
Membangun lingkungan
belajar
yang aman dan nyaman
d.
Membangun
budaya bersih
10.
Terwujudanya
program pengembangan pendidikan budaya
dan
karakter
bangsa
a.
Mengembangkan pendidikan
budaya
dan
karakter
bangsa melalui kegiatan pembelajaran
b.
mengembangkan pendidikan
budaya
dan
karakter
bangsa
melalui
pembiasaan
c.
membangun pendidikan
budaya
dan
karakter
bangsa
melalui
kegiatan
persembahyangan
bersama
d.
merencanakan pengembangan
pendidikan
budaya
bangsa
melaui
pengembangan
kurikulum
11. Terwujudnya
Sekolah yang peduli terhadap Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan
a.
Memberikan
perlindungan terhadap tanaman dan satwa langka baik yang ada di
b. lingkungan sekolah dan sekitarnya
c.
Menjaga dan
mengembangkan keaneka ragaman hayati
d.
Mewujudkan lingkungan
sekolah “ BERSERI “ ( Bersih , sehat , lestasri )
e.
Melaksanakan
kegiatan-kegiatan peduli lingkungan
f.
Ikut bersama
masyarakat dalam rangka kegiatan pelestarian lingkungan
g. Mengembangkan inovasi kegiatan dalam rangka perbaikan lingkungan
12. Terwujudnya Sekolah yang peduli pada pencegahan terhadap Pencemaran
Lingkungan
a.
Mencegah terjadinya
volusi baik di lingkungan sekolah maupun
b. sekitarnya dengan cara tidak membakar sampah sembarangan
c.
Mencegah terjadinya
kerusakan tanah dengan mengurangi
penggunaan
d.
alat dan bahan yang
berasal dari plastik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar